Menteri Jonan: Bekerja untuk Memberikan Manfaat Langsung Bagi Masyarakat

By Admin

nusakini.com--Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menekankan pentingnya kebermanfaatan atas pekerjaan yang sudah dilakukan oleh semua pegawai Kementerian ESDM. Jonan berpesan agar semua hasil pekerjaan yang dilakukan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat Indonesia.  

"Kalau yang dikerjakan itu tidak ada manfaat langsung untuk masyarakat, mau dari segi ilmu pengetahuan atau apalah lebih baik tidak usah," tegas Jonan saat memberikan arahan kepada pejabat struktural dan fungsional Kementerian ESDM se-Bandung Raya di Auditorium Badan Geologi, Bandung, Jumat (27/10). 

Inovasi, kata Jonan, menjadi kunci utama dalam mengubah paradigma bekerja. Ia memberi contoh bagaimana Steve Jobs (pendiri Apple) dan Jack Ma (pendiri Alibaba) mampu mengubah dunia tanpa harus mengenyam bangku sekolah. Selanjutnya ia berpesan, "Yang sekolahnya sampai Doktor apalagi pakai uang rakyat, Anda harus kembalikan (melalui) pengabdian Anda langsung untuk masyarakat," tegas Jonan. 

Jonan tidak ingin apa yang sudah dikerjakan oleh Kementerian ESDM menjadi sia-sia karena tidak bermanfaat dan tidak diketahui oleh masyarakat. "Kalau apa yang kita kerjakan itu tidak dimanfaatkan berarti kerja kita sia-sia," ungkap Jonan. 

Selanjutnya, Jonan meminta siapapun yang nantinya menjabat sebagai Kepala Badan Geologi diharapkan adalah seseorang yang mampu sebagai seorang pemasar yang cakap di bidang kegeologian. "Saya minta Kepala Badan Geologi ke depan harus bisa menjadi marketer. Kalau tidak bisa tidak akan saya usulkan ke Presiden," tegas Jonan. 

Sebagai diketahui, hingga saat ini Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi (Dirjen EBTKE) Rida Mulyana masih menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Badan Geologi. (p/ab)